Apa Itu Program PraKerja ? Begini Cara Daftarnya

daftar prakerja
Pesatnya pertumbuhan industri dan teknologi mendorong seseorang untuk terus meningkatkan keterampilan nya di dunia kerja. Pemerintah juga telah mensiasati nya dengan memberikan program yang sangat berguna di masyarakat bagi mereka yang ingin meningkatkan daya saing dan keterampilan yang mereka miliki dengan program kartu prakerja.

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Bagi kamu yang ingin meningkatkan kemampuan di bidang yang sudah kamu kuasai maupun belum sama sekali, program ini sangat cocok untuk diikuti.

Persyaratan Mengikuti Program Prakerja

Program Prakerja bisa diikuti oleh semua warga Indonesia yang telah berusia minimal 18 tahun, tidak sedang bersekolah atau pendidikan formal lainnya, dan maksimal usia 64 tahun. Selain itu, dalam 1 KK (Kartu Keluarga) hanya bisa mendaftarkan anggota keuarga maksimal 2 NIK (KTP). Jadi bagi kamu yang sedang menganggur, bekerja secara profesional, atau wirausaha bisa mengikuti program ini.

Namun, jika kamu bekerja sebagai salah satu pekerjaan di bawah ini, maka kamu tidak bisa mendaftar Program Kartu Prakerja:

  • Pejabat Negara
  • Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
  • Aparatur Sipil Negara
  • Prajurit Tentara Nasional Indonesia
  • Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia
  • Kepala Desa dan perangkat desa
  • Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.

 

Langkah Mendaftar Program Prakerja

Untuk kamu yang ingin mengikuti program ini ,berikut beberapa alur yang harus diikuti:

1. Daftar di Situs Prakerja

Jika kamu belum pernah mendaftar, silahkan mendaftar di website resmi prakerja di https://www.prakerja.go.id/ dan lengkapi data diri seperti  NIK, KK, No hp dll. Jika kamu sudah pernah mendaftar, maka kamu cukup pilih “Masuk” dan isi email/pass kamu.

2. Gabung Gelombang

Jika gelombang pendaftaran sudah dibuka, klik opsi “Gabung Gelombang” dan tunggu pengumuman kelulusan setelah pihak penyelenggara selesai melakukan evaluasi.

Bagi yang lolos, nomor kartu Prakerja akan diberikan dan saldo akan muncul. Namun bagu yang tidak, bisa mencoba kembali ketika gelombang berikutnya dibuka kembali.

3. Pilih Pelatihan

Setelah berhasil lolos, kamu akan mendapatkan saldo sebesar 3,5jt yang bisa digunakan untuk membeli pelatihan di platform online yang telah bekerja sama dengan program Prakerja. Kamu bisa melakukan pembelian dengan menggunakan nomor kartu Prakerja kamu sebagai media transaksi. Pastikan kamu telah menyambungkan nomor rekening / e-wallet kamu ke dashboard prakerja untuk menerima insentif setelah kamu menyelesaikan pelatihan yang kamu pilih.

4. Ikuti Pelatihan

Setelah kamu memilih, selanjutnya ikuti pelatihannya untuk menyelesaikan pre-test dan post-test nya. Hal ini untuk menilai seberapa jauh kamu telah menguasai materi pelatihan yang kamu pilih. Setelah kamu menyelesaikan pelatihan, kamu bisa mendapatkan sertifikat sebagai bukti bahwa kamu telah berhasil menyelesaikan pelatihan.

5. Beri Rating dan Ulasan

Setelah menyelesaikan pelatihan, selanjutnya kamu perlu memberikan rating dan ulasan di dashboard prakerja tentang pengalaman kamu dalam mengikuti pelatihan. Setelah itu kamu hanya perlu menunggu beberapa hari sampai insentif Rp600.000 di transfer ke nomor rekening / e-wallet kamu

6. Isi Survey Evaluasi

Langkah terakhir adalah mengisi dua survei evaluasi yang tersedia di dashboard Prakerja Anda. Setiap survei yang Anda selesaikan akan memberikan insentif sebesar Rp.50.000. Dengan berpartisipasi dalam survei ini, Anda membantu pihak penyelenggara untuk terus meningkatkan kualitas program ini.

 

Dengan adanya program prakerja ini diharapkan menjadi manfaat untuk masyarakat indonesia yang ingin meningkatkan keterampilannya di dunia kerja atau bagi yang ingin mencoba untuk membangun usaha secara mandiri. Namun sebagai masyarakat yang bertanggung jawab, jangan hanya berharap insentif nya saja ya, namun berharaplah dengan ilmu nya juga. hehehe

Referensi

www.prakerja.go.id/tanya-jawab/tentang-kartu-prakerja

umsu.ac.id/berita/alur-mengikuti-program-kartu-prakerja-yang-harus-diketahui/

Maulana Rahman Nur