Berbagai tools yang digunakan untuk digital marketing

tools digital marketing

Digital marketing merupakan proses pemasaran atau promosi suatu brand, produk, maupun jasa yang dilakukan melalui media digital dan membutuhkan jaringan internet di setiap kegiatannya. Bertumbuhnya penggunaan media digital bisa menjadi kesempatan bagi perusahaan untuk memiliki cara baru untuk menjangkau target konsumen nya.

Ada banyak media digital yang biasa digunakan oleh pelaku promosi seperti blog, media sosial, email, video, bahkan game online juga dapat dimanfaatkan sebagai media promosi. Dengan beragam nya media yang bisa digunakan tentunya akan lebih mudah untuk menjangkau konsumen sesuai dengan target market yang diinginkan.

Selain media promosi, ada berbagai macam tools yang bisa Kamu coba untuk memaksimalkan preforma dari promosi yang sedang dijalankan. Antara lain:

1. Content Management System (CMS)

CMS seperti wordpress, hubspot, dan lain sebagainya memungkinkan Kamu untuk mengelola konten di sebuah website yang menawarkan produk dari sebuah perusahaan. Didalam CMS, Kamu bisa menambahkan, mengedit, atau merubah isi dari informasi yang ingin disampaikan kepada calon konsumen.

2. Analitik Web

Google analytics merupakan salah satu tools yang bisa digunakan untuk memantau kinerja dari kampanye digital. Dengan alat analitik, Kamu bisa melihat seberapa baik performa dari kampanye yang Kamu buat dan juga bisa membantu untuk mengambil keputusan berdasarkan data

3. Penelitian Kata Kunci

Ketika ingin mengampanyekan sebuah produk, sebaiknya Kamu perlu tahu keyword apa yang biasa di cari oleh calon konsumen. Dengan tools seperti semrush, google trends, keyword planner, dsb akan membantu Kamu menemukan kata kunci yang relevan dan populer untuk memperbaiki optimasi mesin pencari (SEO) dan kampanye iklan berbayar (PPC).

4. Email Marketing

Platform email marketing seperti Mailchimp, GetResponse, atau Sendinblue bisa membantu Kamu untuk membuat, mengirim, dan melacak kampanye dengan menggunakan email. Kamu juga bisa mengelola daftar email, membuat template, menganalisis tingkat pengiriman dan klik, serta mengotomatisasi sebagian proses.

5. Pembuatan Konten Digital

Dengan software seperti canva, adobe, dan lain-lain Kamu bisa menciptakan sebuah kampanye digital yang dapat menarik perhatian calon konsumen. Dengan konten yang baik, tentunya akan lebih mudah bagi calon konsumen untuk mengetahui hal apa yang sedang Kamu tawarkan kepada mereka. Konten yang Kamu buat bisa berupa sebuah poster statis atau video

6. Analitik Media Social

Dengan bantuan platform seperti Brandwatch, Hootsuite Insights, atau Sprout Social, Kamu bisa dengan mudah mengintegrasikan statistik dari performa kampanye di media sosial yang telah digunakan sebagai salah satu media promosi

Demikian beberapa tools yang bisa Kamu gunakan untuk memaksimal kan potensi dari kampanye yang Kamu buat. Perlu diingat, tools-tools diatas hanya sebagian dari banyak nya platform yang bisa Kamu temukan. Selain itu, tools hanya sebuah alat yang membantu Kamu, sehingga perlu juga untuk mempelajari tentang digital markting itu sendiri, bagaimana cara menyusun strategi. dan tentunya harus mengenal tentang produk apa yang dipromosikan

Kalademi juga telah menyiapkan kelas pelatihan yang bisa Kamu ikuti tentang Pembuatan Iklan Produk untuk Media Sosial. Kamu bisa lebih mendalami tentang kegiatan digital marketing yang berfokus pada media promosi melalui media sosial

 

Referensi:

https://bakrie.ac.id/articles/369-cari-tahu-apa-itu-digital-marketing-selengkapnya-disini.html

https://feb.unair.ac.id/tentang-feb-unair/fasilitas-feb-unair/tutorial-base-it/8058-berbagai-tools-yang-digunakan-untuk-digital-marketing.html

Maulana Rahman Nur