Sakib Baghoust, Data Analyst yang menjadi Instruktur Kalademi

Sakib Baghoust merupakan salah satu instruktur Kalademi di bidang Data Analyst. Sakib merupakan alumni dari Univarsitas Brawijaya, jurusan Matematika (program studi statistika) yang saat ini menjadi seorang senior data analyst. Ingin tahu ceritanya? simak cerita dibawah ini.

“Wah ini, jadi karir pertama saya nggak jauh dari expertise di bidang data, masuk ke dunia manufaktur semikonduktor yang membutuhkan statistik untuk mengontrol proses produksinya, dari situ belajar bagaimana bekerja dengan SOP yang bisa dibilang ketat, ditambah tidak adanya back up maupun senior dibidang/expertise yang membimbing dibidang tersebut, jadinya ya sangat menantang sekali. dikala ditempat lain yang pastinya ada junior dan senior, namun disana hanya saya sendiri dengan warisan SOP yang ada. dari situ pun saya mendapatkan pelajaran berarti bahwa data adalah previlage. jadi tergantung kita mau pakai buat apa. semua bisa kita lakukan.”

“Dari karir corporate selama kurang lebih 4 tahun, saya bergabung ke perusahaan startup yang kita tau semacam “no SOP”, dengan tambahan tidak ada senior yang membimbing juga. jadi ya sudah cukup terbiasa, hanya saja kebebasan tapa SOP benar2 bisa menjadi katalis sekaligus hambatan dalam bekeria. haha… tp dari tempat tersebut saya benar2 belajar tentang bagaimana cara mengembangkan perusahaan secara langsung, yang dimana ini adalah sebuah kesempatan yang sangat langka.”

“Selama kurang lebih 4 tahun, berhasil membantu memonetisasi sebuah produk dengan bantuan explorasi data yang dimiliki. dari 0 value menjadi top value dari perusahaan tersebut dan sekarang tergabung dengan RedDoorz, dimana sebuah petualangan yang berada ditengah dari tahap corporate dengan sisa2 budaya start up.”

Sakib saat ini menjadi instruktur Kalademi di kelas Business Intelligence: Melakukan Analisis Database. Yuk ikuti kelasnya untuk mengenal lebih jauh mengenai pekerjaan seorang data analyst

Maulana Rahman Nur